Jurnal Ilmiah

CSS Template

Vocabulary Learning Strategies of Accounting students of STIE Gentiaras Bandar Lampung

  • Oleh       : Kristina Estisari
  • Tanggal  : 18-01-2018
  • Halaman : 11 lembar
  • ISSN      : ISSN 2086-9592
  • Kampus : Program Studi Akuntansi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Gentiaras, Bandar Lampung

ABSTRAK Salah satu tantangan terpenting yang akan dihadapi peserta didik selama proses belajar bahasa kedua adalah belajar kosa kata. Kosakata telah diakui sebagai hal yang penting untuk penggunaan bahasa di mana pengetahuan kosa kata yang tidak memadai tentang peserta didik menyebabkan kesulitan dalam pembelajaran bahasa kedua. Jadi dalam hal belajar kosakata dalam bahasa kedua, siswa perlu dididik dengan strategi pembelajaran kosa kata. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pembelajaran kosa kata bahasa Inggris yang diadopsi oleh mahasiswa Akuntansi STIE Gentiaras, Bandar Lampung. Subjek penelitian adalah 22 mahasiswa pada semester ketiga. Tujuan kedua dari penelitian ini adalah untuk mengetahui distribusi strategi pembelajaran kosakata yang digunakan oleh mahasiswa Akuntansi STIE Gentiaras, Bandar Lampung. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner 25 item yang diadaptasi dari taksonomi Schmitt untuk strategi pembelajaran kosa kata. Data dianalisis dengan menggunakan frekuensi, persentase, dan mean. Skor rata-rata menunjukkan distribusi strategi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan strategi Memori yang paling sering digunakan oleh siswa yang dianggap intermediate students dalam bahasa Inggris. Strategi kedua yang sering digunakan adalah strategi Sosial (Discovery). Strategi ketiga yang sering digunakan adalah strategi Penentuan. Strategi keempat yang sering digunakan adalah strategi Metakognitif. Strategi kelima yang sering digunakan adalah strategi Kognitif. Sedangkan strategi yang paling sedikit digunakan adalah strategi Sosial (Konsolidasi) dengan skor rata-rata terendah. Namun, temuan ini akan menguntungkan guru untuk mengembangkan pengajaran kosa kata yang efektif dan untuk memberi siswa strategi pembelajaran kosa kata yang sukses. Kata kunci : Strategi pembelajaran kosakata, strategi belajar bahasa, strategi memori, strategi penentuan, strategi sosial (penemuan), strategi metakognitif, strategi kognitif, strategi sosial (konsolidasi).

 
css template ad